cara islam untuk disiplin diri


hasil COPAS dari Asrul S U
Mengakui kekurangan Anda adalah salah satu langkah pertama dalam mendisiplinkan diri sendiri. Siapa pun mengakui bahwa ia memiliki kekurangan telah mulai di jalan untuk disiplin diri. Pengakuan ini merupakan salah satu hal yang membuat kita disiplin diri sendiri dan terus-menerus dalam melakukannya. Pengakuan ini tidak perlu menempatkan Anda dari mendisiplinkan diri sendiri. Ini adalah tanda perawatan Allah ketika seseorang mencoba untuk mengubah dirinya dan mengembangkan, Allah berfirman (interpretasi makna):

"Sesungguhnya, Allah tidak akan mengubah kondisi suatu bangsa selama mereka tidak mengubah kondisi mereka sendiri" [Al-Ra'd 13:11]

Jadi siapapun yang mencoba untuk mengubah demi Allah, Allah akan membantu dia untuk berubah. Setiap orang adalah individu bertanggung jawab untuk diri sendiri, dan akan ditanyai individual, seperti firman Allah (interpretasi makna):

"Tidak ada di langit dan bumi, tetapi datang kepada Yang Maha Pemurah (Allah) sebagai budak Sesungguhnya. Dia tahu setiap salah satu dari mereka, dan telah menghitung mereka menghitung penuh Dan setiap orang dari mereka akan datang kepada-Nya sendirian di. hari kiamat (tanpa pembantu apapun, atau pelindung atau pembela) "[Maryam 19:93-95]

Manusia tidak dapat memperoleh manfaat dari apa yang telah diberitahu tentang kebaikan kecuali ia sendiri mengambil minat dalam hal itu. Apakah Anda tidak tahu kisah istri Nabi Nuh dan istri Loot, yang anggota rumah tangga dari dua nabi, salah satunya adalah salah satu rasul yang kuat akan? Bayangkan bagaimana Nabi berusaha untuk membimbing istri-istri mereka dan berapa banyak bimbingan istri ini diterima, tetapi tidak ada bunga atas bagian mereka, sehingga dikatakan keduanya:

"Masukkan neraka bersama dengan mereka yang masuk!" [Al-Tahreem 66:10 - interpretasi makna]

Sedangkan istri Firaun - meskipun dia adalah anggota rumah tangga salah satu kejahatan terbesar - disajikan oleh Allah sebagai contoh bagi mereka yang percaya karena dia disiplin sendiri. Cara-cara di mana seorang Muslim dapat mendisiplinkan diri adalah sebagai berikut:

1 - Beribadah Allah, menjaga kontak dengan-Nya dan menyerahkan kepada-Nya. Yang dilakukan dengan memperhatikan tindakan wajib melakukan ibadah dengan baik, dan membersihkan hati Anda dari lampiran apa pun untuk apa pun selain Allah.

2 - Membaca Al-Qur'an banyak, merenungkan arti dan berusaha untuk memahaminya.

3 - Membaca buku-buku agama yang berguna yang menggambarkan cara mengobati dan membersihkan hati, seperti Manhaaj Mukhtashar al-Qaasideen, Tahdheeb Madaarij al-Saalikeen dan seterusnya; membaca biografi salaf dan belajar tentang sikap dan perilaku, seperti Sifat al-Safwah oleh Ibn al-Jawzi dan Ayna nahnu min Akhlaaq al-Salaf dengan 'al-Deen' Baha Aqeel dan Naasir al-Jaleel.

4 - Menghadiri program pendidikan seperti kelas-kelas dan ceramah.

5 - Membuat baik penggunaan waktu Anda dan menggunakannya untuk melakukan hal-hal yang akan menguntungkan baik secara duniawi dan rohani

6 - Tidak terlibat terlalu banyak dalam hal-hal yang dibolehkan dan tidak membayar terlalu banyak perhatian kepada mereka.

7 - Menjaga perusahaan dengan orang-orang benar dan mencari sahabat benar, yang dapat membantu Anda untuk berbuat baik. Mereka yang hidup sendiri akan kehilangan banyak karakteristik kakak yang baik seperti memilih orang lain untuk diri sendiri dan menjadi pasien.

8 - Mencoba untuk bertindak berdasarkan apa yang Anda pelajari dan mempraktekkannya.

9 - Memeriksa erat pada diri Anda sendiri.

10 - Memiliki kepercayaan diri - sementara mengandalkan Allah - karena orang yang tidak percaya tidak dapat bertindak.

11-Meremehkan diri sendiri karena tidak berbuat cukup demi Allah. Hal ini tidak bertentangan dengan hal tersebut di atas. Manusia harus berusaha keras sementara masih berpikir bahwa usahanya tidak cukup.

12-Mempraktekkan atau isolasi sebagaimana diatur dalam syariat .. Anda seharusnya tidak bergaul dengan orang-orang sepanjang waktu, bukan Anda harus memiliki waktu yang Anda habiskan sendiri, dalam ibadah seperti yang ditentukan dalam Islam. Kami meminta Allah untuk membantu kami dan Anda mendisiplinkan diri kita sendiri dan tunduk kepada yang Allah mencintai dan senang dengan.

Semoga Allah mengirim berkat dan damai atas kami Nabi Muhammad dan atas keluarganya dan sahabat

Tidak ada komentar :

Posting Komentar